Jumat, 4 September 2015 18:03:20 WIB Dilihat : 575 kali

Salah satu mahasiswa Teknik Informatika telah kembali ke Indonesia setelah mengikuti konferensi GUADEC. GUADEC adalah kependekan dari GNOME User and Developer European Conference. GNOME adalah lingkungan desktop dan antarmuka grafik pengguna yang berjalan di atas sistem informasi. GNOME secara keseluruhan terdiri dari perangkat lunak bebas dan gratis atau sering disebut juga dengan Free/Open Source Software (F/OSS). GNOME merupakan proyek internasional untuk menciptakan kerangka, aplikasi perangkat lunak untuk desktop, dan juga untuk mengatur peluncuran, penanganan file dan manajemen tugas jendela (window).

GUADEC sendiri adalah acara tahunan utama dari GNOME yang diadakan di kota-kota Eropa yang berbeda-beda. Tahun ini, giliran dari Gothenburg, Swedia. Konferensi dihadiri kontributor, pengguna dan mitra dari seluruh dunia selama tiga hari pembicaraan, diikuti oleh tiga hari lokakarya (disebut sesi "Bird of Feather" ). Acara ini dilaksanakan antara 6 dan 12 Agustus 2015 di Folken Huts, Swedia.

Sebelum bertolak ke Swedia, Siska Restu Anggraeny Iskandar telah menjadi local organizer dari GNOME.Asia Summit di Depok, 7 - 9 Mei 2015. Dari situlah awal keikutsertaan Siska di dalam bidang open source. Ikut serta pula seorang alumni dari Teknik Infomatika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu Estu Fardani.

Presentasi tertutup perkembangan yang signifikan dalam teknologi GNOME, seperti xdg-app, Builder, dan GTK baru + fitur. Ada juga pembicaraan dengan mitra GNOME, termasuk SUSE, ownCloud, LibreOffice, dan Endless. Acara konferensi ini juga dijadikan kesempatan untuk bertemu kontributor seluruh dunia, membuat rencana berkumpul di IRC GNOME dan membagi cerita komunitas Free/Open Source Software di Indonesia.

Pada sesi Lightning talks di GUADEC, Siska bercerita tentang pengalamannya menjalankan acara GNOME.Asia Summit 2015 dan pengalaman pribadinya mengenai berkenalan dengan Perangkat Lunak opensource.


(Sumber Foto:
https://tuanpembual.wordpress.com/)

(Siska/ed)

Scan the barcode

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom