visi misi

 

VISI MISI DAN TUJUAN  PROGRAM STUDI

VISI

“Unggul dan Terkemuka dalam Pemaduan dan Pengembangan Studi Keislaman dan Keilmuan dalam Bidang Teknik  Informatika bagi Peradaban Tahun 2026”

Program Studi Teknik Informatika memiliki Visi “Unggul dan Terkemuka dalam Pemaduan dan Pengembangan Studi Keislaman dan Keilmuan dalam Bidang Teknik  Informatika”. Visi ini diturunkan dari visi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu “Unggul dan Terkemuka dalam Pemaduan dan Pengembangan Studi Keislaman dan Keilmuan dalam Bidang Teknik  Informatika bagi Peradaban Tahun 2026”. Di satu sisi, visi program studi ini mencerminkan ciri khas Prodi Teknik Informatika yang ada di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dibandingkan dengan prodi sejenis di PT lain. Di sisi lain, visi program studi ini juga menunjukkan ciri khas prodi Teknik Informatika dibandingkan dengan prodi lain di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Visi ini merupakan arah gerak Program Studi. Dengan visi ini diharapkan Program Studi menghasilkan lulusan yang mampu melakukan integrasi-interkoneksi di bidang Teknik Informatika dan keislaman. Visi ini diturunkan dari visi Fakultas dan visi Universitas. 

Penyusunan visi Universitas ditetapkan pada saat transformasi Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga menjadi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Perubahan ini membawa paradigma baru bahwa ilmu agama dan ilmu umum bukanlah ilmu yang terpisahkan tetapi bersifat integratif-interkonektif.

Visi Program Studi  berorientasi ke masa depan, dan saat ini Program Studi memiliki perkembangan yang cepat di berbagai bidang. Ilmu pengetahuan dan teknologi pun tidak dapat terhindar dari perubahan, Keadaan seperti ini perlu diantisipasi dengan menyelenggarakan Teknik PS yang menyiapkan sumber daya manusia yang mampu mengemban tugas menyelenggarakan Teknik masa depan yang semakin kompleks dan penuh tantangan dengan mengintegrasikan dan menginterkoneksikan ilmu Informatika di kehidupan nyata. Tenaga-tenaga yang dihasilkan diharapkan mempunyai daya saing yang tinggi, mempunyai keunggulan dalam mengadakan inovasi-inovasi sehingga unggul dalam mengintegrasikan dan menginterkoneksikan ilmu Informatika, Islam dan ilmu-ilmu lain.

 

MISI 

  1. Mengembangkan Teknik dan pengajaran dalam bidang Teknik Informatika yang integratif-interkonektif yang berkepribadian ZIKR (Zero base, Iman, Konsisten, Result oriented);
  2. Meningkatkan penelitian yang berkualitas dalam bidang Teknik Informatika yang berwawasan Islam;
  3. Meningkatkan peran serta program studi dalam pengabdian dalam bidang pemikiran Teknik Informatika bagi masyarakat;
  4. Meningkatkan kerja sama program studi dengan berbagai pihak untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang Teknik Informatika.

 

 

TUJUAN 

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu mengintegrasikan dan menginterkoneksikan nilai-nilai keislaman dalam bidang Teknik Informatika.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu berkarya secara profesional.